Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB  Sistem Ujian SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Sistem Ujian yang dibuat untuk menyeleksi mahasiswa baru yang ingin masuk Perguruan Tinggi, ada tiga cara untuk masuk perguruan tinggi yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Berikut penjelasan dari masing-masing sistem ujian tersebut.

Sistem Ujian SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri

12 Nov 20 10:27:51

 

Sistem Ujian SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri

Sistem Ujian yang dibuat untuk menyeleksi mahasiswa baru yang ingin masuk Perguruan Tinggi, ada tiga cara untuk masuk perguruan tinggi yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Berikut penjelasan dari masing-masing sistem ujian tersebut.

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Sistem yang diterapkan SNMPTN adalah dengan memperhitungkan nilai raport atau prestasi calon peserta mahasiswa baru selama sekolah. Cara seleksinya adalah dengan mengakumulasikan nilai semester 1 hingga semester 5. Selain nilai raport, nilai non-akademik seperti ekstrakurikuler menjadi bahan pertimbangan. Akareditasi sekolah asal calon mahasiswa baru juga menjadi bahan dalam pertimbangan SNMPTN.

Pada SNMPTN, ada tiga hal yang di ujian-kan kepada pesertanya, yaitu:

1. Seleksi Tanpa Tes Tertulis

Seleksi ini digunakan baik PTN(Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) banyak universitas-universitas yang menilai calon mahasiswanya dari catatan nilai mereka selama bersekolah. Biasanya seleksi ini juga disebut sebagai jalur prestasi. Selain itu universitas juga melakukan penyaringan beasiswa melalui jalur ini. Tidak jarang, kampus pun kerap memberikan beasiswa berupa potongan SPP atau biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang dirasa memiliki track record akademik yang baik selama SMA/SMK.

2. Seleksi Melalui Ujian Tulis

Perguruan Tinggi Swasta juga memiliki seleksi melalui  ujian tertulis. Materi yang diujikan biasanya disesuaikan dengan program studi yang akan diambill dengan beberapa tes wajib seperti Tes Potensi Akademik(TPA), Matematika dan Bahasa. Beberapa universitas swasta juga mengadakan jenis ujian keterampilan bagi calon mahasiswanya yang ingin masuk jurusan-jurusan tertentu seperti DKV dan Desain Produk Misalnya.

3. Seleksi Wawancara

Nah, yang harus diperhatikan beberapa Perguruan Tinggi, Khususnya Perguruan Tinggi Swasta juga menerapkan tes wawancara bagi mahasiswanya. Seperti halnya melamar kerja, dalam seleksi ini harus bersugguh-sungguh untuk menghadapi sesi interview ini. Wawancara tersebut bisa menentukan diterima atau ditolaknya calon mahasiswa.

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk  Perguruan Tinggi Negeri)

Dulu, mungkin sering tertukar antara SNMPTN dengan SBMPTN, Soalnya semula namanya sama sama SNMPTN. Namun yang satu bernama SNMPTN Jalur Undangan, sedangkan yang satunya lagi SNMPTN Ujian Tertulis. Supaya tidak bingung ataupun tertukar, SNMPTN versi Ujian Tertulis diganti namanya menjadi SBMPTN.

Ada tiga hal yang di ujian-kan kepada pesertanya pada SBMPTN, yaitu:

1.Ujian Tes Kemampuan dan Potensi Akademik(Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta kemampuan verbal, numerical, dan figural) yang harus diikuti oleh semua peserta.

2.Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi(Matematika, Biologi, Fisika, Dan Kimia) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPA.

3.Tes Kemampuan Dasar dan Humaniora(Sosiologi,Sejarah,Ekonomi, dan Geografi) yang diikuti oleh peserta ujian yang memilih jurusan IPS.

3. Seleksi Mandiri

Seleksi yang diadakan oleh  pemerintah seperti SBMPTN dan SNMPTN, masing masing PTN secara mandiri membuat seleksi sendiri. Kisaran kuota atau daya tampung penerimaan mahasiswa baru, untuk jalur SBMPTN minimal 40% sedangkan untuk jalur SNMPTN minimal 20% dan untuk jalur Seleksi Mandiri maksimal 30%.

Karena sifatnya yang disesuaikan dengan setiap kebijakan kampus, jalur mandiri PTN ini punya beragam. Seleksinya setidaknya ada tiga mekanisme seleksi jalur PTN yaitu jalur tes, menggunakan nilai UTBK, dan seleksi raport.

1. Ujian Mandiri/Tulis

Merupakan mekanisme seleksi mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian/tes. Tes ini biasanya berupa Tes Potensi Akademik(TPA) dan tes Saintek dan Shosum (tergantung jurusan yang diambil). PTN  yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UNJ, UI, IPB, UNPAD, ITS, UB, UNAIR, dan UNY.

2. Seleksi melalui nilai UTBK

Merupakan mekanisme seleksi mandiri S1 PTN dengan melihat UTBK siswa.  Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil nilai UTBK calon mahasiswa kemudian di ranking.  Jadi pendaftar harus ikut UTBK sebelumnya.

3. Seleksi raport atau PMDK

Merupakan mekanisme seleksi mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport/prestasi. PTN yang memakai mekanisme ini antara lain: UGM(PBUTM), UNDIP, ITB, dll.

 

           

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet
bimbel gambar persiapan ujian fsrd itb