Pengenalan Arsitektur Undip Mengenal Fakultas Arsitektur UNDIP
Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB  MENGENAL FAKULTAS ARSITEKTUR UNDIP SEMARANG Pada tahun 2003, Jurusan Arsiktektur menetapkan kerangka kerja akademik yang terintegrasi, yang menciptakan proses belajar-mengajar menerus dari S-1, S-2 dan S-3 secara berkesinambungan dalam waktu yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya Porgram Studi S-2 Magister Teknik Arsitektur dan Program Doktor S-3 Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota.

MENGENAL FAKULTAS ARSITEKTUR UNDIP SEMARANG

03 Nov 20 11:01:46

Didirikannya Universitas di semarang dengan nama Universitas Semarang yang secara resmi dibuka pada 9 Januari 1957, dengan Presiden Universitas (sekarang disebut rektor) yang pertama adalah Mr. Imam Bardjo. Pada Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960 Presiden Republik Indonesia, Ir.Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Perubahan nama ini merupakan penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Teknik arsitektur di Undip berada dalam satu departemen arsitektur dan berada dibawah fakultas teknik Undip. Departemen arsitektur sendiri memiliki beberapa program studi diantaranya Program Studi S-1 Arsitektur , Program Studi S-2 Magister Teknik Arsitektur dan Program Doktor S-3 Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota. Lulusan dari sarjana Arsitektur akan memiliki gelar S.Ars dan dapat meneruskan program profesi arsitektur untuk selanjutnya dapat menjadi arsitek

Jurusan Arsitektur membidani dibukanya Program Studi S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota pada tahun 1992, dan program Diploma III Desain Arsitektur pada tahun 2000.

Pada tahun 2003, Jurusan Arsiktektur menetapkan kerangka kerja akademik yang terintegrasi, yang menciptakan proses belajar-mengajar menerus dari S-1, S-2 dan S-3 secara berkesinambungan dalam waktu yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya Porgram Studi S-2 Magister Teknik Arsitektur dan Program Doktor S-3 Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota.

Program akademik di Jurusan Arsitektur memiliki 2 alur utama yaitu perancangan gedung dan perancangan kawasan, yang diterapkan baik pada program diploma/vokasional (6 semester), S-1 (8 semester), S-2 (4 semester) hingga Program Doktor S-3. Kolaborasi Laboratorium-Perpustakaan-Publikasi mendukung program akademik tersebut..Konsep Tri-dharma Perguruan Tinggi (pendidikan-penelitian-pengabdian masyarakat) memperkuat atmosfer program akademik yang dipusatkan pada masing-masing laboratorium di Jurusan Arsitektur FT UNDIP ini.

Mulai tahun 2007, Jurusan Arsitektur mencoba mulai melaksanakan metoda e-learning. Suatu metoda pembelajaran yang didukung internet dan mendasarkan proses SCL (student centered learning) dan PBL (problem based learning/project based learning). Metoda tersebut sangat mendukung aplikasi tri-dharma di laboratorium-laboratorium Jurusan Arsitektur FT Undip.

Untuk memperkuat kemampuan desain mahasiswa, Jurusan arsitektur juga memilki 2 studio gambar manual dan komputer grafis. Ada dua publikasi di Jurusan Arsitektur yaitu majalah ‘MODUL’ untuk publikasi perancangan gedung dan ‘ENCLOSURE’untuk publikasi perancangan kota & permukiman Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Memiliki beberapa Laboratorium yang digunakan untuk pengembangan ilmu dan sekaligus sebagai tempat praktek mahasiswa, Laboratorium tersebut adalah:

1.Lab. Perancangan Arsitektur

2.Lab. Struktur & Teknologi Bahan

3.Lab. Sejarah & Teori Arsitektur

4.Lab. Perancangan Kota & Permukiman

5.Lab. Desain Grafis

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet
bimbel gambar persiapan ujian fsrd itb