Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar FSRD
Bimbel Gambar FSRD
Bimbel Gambar FSRD   MENGENAL FAKULTAS ARSITEKTUR IPB Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah - MENGENAL FAKULTAS ARSITEKTUR IPB

MENGENAL FAKULTAS ARSITEKTUR IPB

03 Nov 20 12:23:32

Fakultas Arsitektur Lanskap IPB

Banyak pilihan jurusan bagus dan favorit bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Salah satunya, Departemen Arsitektur Lanskap (ARL) Fakultas Pertanian (Faperta) yang kini telah terakreditasi “A”. Selain itu, ARL juga termasuk departemen yang menjadi rujukan bagi perencanaan arsitektur di Indonesia.

Baca juga: Jurusan Arsitektur Lanskap

Apa Itu Arsitektur Lanskap?

Serupa dengan ilmu Arsitektur, program studi Arsitektur Lanskap juga mempelajari tetang perencanaan, perancangan konstruksi, namun dalam ruang lingkup outdoor dengan skala yang lebih besar. Seorang Arsitetek Lanskap dituntut untuk dapat memanfaatkan dan mengelola lahan – lahan luas terbuka menjadi area yang fungsional dengan memerhatikan aspek estetika dan ekologi. Arsitektur lanskap merupakan pengembangan dari ilmu Arsitektur Taman, jadi Arsitektur lanskap erat kaitannya dengan perancangan taman. Berbeda dengan ilmu Arsitektur, Elemen desain yang utama di Arsitektur Lanskapadalah tanaman. Bentuk karya dari Arsitektur Lanskap seperti taman kota, taman hiburan, cagar alam, gelanggang olah raga, hingga kompleks perumahan.

Mata Kuliah Jurusan Arsitektur Lanskap

Berikut adalah jurusan yang ada di Departemen ARL, diantaranya yaitu:

1. Analisis dan Pemodelan Lanskap

2. Tanaman dan sistem ruang terbuka hijau

3. Perencanaan lanskap Kawasan wisata

4. Ekologi Lanskap

5. Estetika Lingkungan

6. Kolokium

7. Sisitem Lanskap Kota

8. Perencanaan dan Pendesainan Lanskap

Kenapa Memilih Jurusan Arsitektur Lanskap?

Jika kamu tertarik untuk mempelajari ilmu Arsitektur ditambah pula dengan pengetahuan tentang pelestarian ekologis. Program studi ini sangat tepat buat kamu. Apalagi, jika kamu senang senang menggambar dan merancang sesuatu, karena prodi Arsitektur pada umumnya. Pada program studi ini tidak akan lepas dari tugas – tugas menggambar.

Baca Juga:Belajar Apa Sih di Arsitektur Lanskap?

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur Lanskap

Arsitektur lanskap turut punya andil dalam membentuk tata kota yang baik dan indah. Lulusan Arsitektur Lanskap memiliki prospek kerja di berbagai perusahaan konsultan dan kontraktor, developer, perusahaan property serta berbagai instansi pemerintahan seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA).

Dibidang arsitektur lanskap nantinya kita juga harus belajar sedikit dasar – dasar Ilmu dari departemen – departemen di fakultas pertanian yang lain. Seperti, ilmu tanah, ilmu agronomi, hingga ilmu hama penyakit tanaman. Disini kita akan belajar banyak tentang sisi terkecil aspek ilmu kita yaitu tanaman, beserta tempat hidup,  dan kehidupannya.

Setelah mempelajari dasar-dasarnya, kemudian ilmu- ilmu tersebut harus digabungkan ke dalam lingkup yang lebih besar yaitu lingkungan. Di ARL juga dipelajari ilmu yang lebih kompleks mulai dari klimatologi, planologi, ekologi, sipil dan lingkungan. Disini kita akan belajar bagaimana keterkaitan aspek – aspek di lingkungan sebagai tempat hidup manusia tersebut dan kehidupan manusia itu sendiri.

Setelah itu, semua ilmu akan diterapkan dalam ilmu perencanaan, perancangan, dan pengelolaan lanskap. Karena kata kuncinya dalah lanskap, maka berbeda dengan teknik arsitektur yang merancang bangunan. Arsitek lanskap akan bertugas merancang alam terbuka. Dan cakupan kerja arsitek lanskap meliputi ruang luar, desai n arsitektural, pengembangan lokasi, pembangunan estate dan pemukiman, restorasi lingkungan, perencanaan kota, perencanaan taman dan rekreasi, perencanaan regional/wilayah, perencanaan ruang, perawatan situs sejarah, dan masih banyak lagi. Selama dapat terlihat saat membuka pintu, bahkan saat membuka mata.

Apa Itu Perencanaan, Perancangan dan Pengelolaan Lanskap?

Tiga hal diatas adalah tiga tahap pekerjaan dari Arsitek Lanskap yang akan kita pelajari semuanya saat kuliah di ARL IPB. diantaranya, yaitu:

1. Perencanaan Lanskap (Landscape Planning)

Perencanaan lanskap adalah tahap pertama yang dilakukan saat akan mengolah suatu lanskap/lahan/tapak/tempat. Seperti Namanya, perencanaan berarti merencanakan apa - apa yang akan dilakukan dengan tempat tersebut, yang meliputi inventarisasi yaitu survey dengan keadaan mulai dari keadaan tanahnya bagaimana, tanahnya jenis apa,(yang akan berpengaruh ke tanaman apa yang bisa tumbuh, kemungkinan longsor, kemampuan menyerap air, iklim, arah angin, cahaya matahari dan keadaan lingkungan sekitarnya dll.) dari data – data itu di list apa pros dan cons nya, apa keunggulan yang harus diperkuat dan kekurangan dari tapak yang harus diperbaiki. Dari situ kita bisa simpulkan bagaimana plan yang cocok untuk tapak itu, agar keberadaan tapaknya bisa berlanjut dan berfungsi dengan baik. Sesuai dengan karakter yang dilihat saat survey, agart tidak rusak ditengah jalan atau malah tidak berfungsi seperti apa yang diinginkan.

 

2. Perancangan Lanskap (Landscape Design)

Perancangan lanskap sering dibilang sebagai tahap kreatif dari kerja arsitek dari kerja arsitek lanskap dari keseluruhan. Makannya anak – anak landscape design pasti orang – orang yang kreatif, banyak ide dan jago pengolahan visual seperti desain dan gambar – menggambar. Tahap ini adalah tahap lanjut dari perencanaan dimana dari master plan diolah menjadi bentuk – bentuk detail denah. Pemilihan bahan apa yang mau dipakai, sampai tanaman yang di tanam agar terlihat estetis alias enak dilihat oleh mata. Produk desain bisa dihasilkan dalam bentuk 2 dimensi tampak depan, tampak samping, tampak burung, perspektif, hingga gambar potongan dalam gambar dan poster freehand/computerize, maupun 3 dimensi seperti maket.

Baca Juga: Program Studi dan Daya Tampung Arsitektur Lanskap IPB

3.Pengelolaan Lanskap (Landscape Management)

Setelah direncanakan dan dirancang, dan saat sudah berhasil direalisasikan pasti sebuah lanskap memerlukan usaha pengelolaan agar keadaanya tetap seperti sedia kala. Kenapa perlu pengelolaan? Tidak seperti arsitek yang setelah merancang bangunan dapat lepas tangan, lanskap adalah sesuatu bersifat hidup. Tidak hanya berisi benda abiotik seperti batu dan tanah, tapi lanskap juga berisi benda biotik seperti tanaman bahkan fauna, maka butuh pengelolaan agar selalu seimbang. Pengelolaan meliputi pemeliharaan, evaluasi, dan perancangan ulang serta perbaikan jika ada yang tidak sesuai rencana.

Dan karena hasil akhiur yang dibutuhkan dalam bentuk visual, di ilmu – ilmu ARL yang sudah spesifik ini dibutuhkan kemampuan yang khusus untuk menuangkan yang sudah kita pelajari dalam bentuk gambar. Dan tugas – tugas nya tidak akan jauh dari pensil, drawing pen, segala macam alat gambar, jenis kertas gambar, hingga maket. Selain menggambar freehand atau langsung menggambar dengan tangan, kita juga akan belajar menggambar secara digital dengan segala macam aplikasi.

 

Nah, itu dia sedikit gambaran umum tentang apa saja yang ada di Fakultas Arsitektur Lanskap IPB.

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet
bimbel gambar persiapan ujian fsrd itb