Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB  PENGENALAN TEKNIK MEWARNAI cara mudah membuat portofolio SNMPTN dan SBMPTN

PENGENALAN TEKNIK MEWARNAI

10 Jun 20 23:19:47

Dalam menggambar, khususnya gambar still life fungsi warna selain sebagai penambah keindahan sebuah karya,  warna juga bisa berfungsi untuk menjelaskankan sifat dan karakter objek secara nyata.  Untuk mewaranai sebuah karya tentunya kita memerlukan alat dan bahan,  juga teknik mewarnai supaya menghasilkan karya yang menarik.

Peran alat dan bahan dalam mewarnai sangat menentukan hasil gambar bentuk yang baik. Alat dan bahan untuk menggambar bentuk dapat dibedakan berdasarkan penggunaan medianya, yaitu sebagai berikut.

1. Media kering

Peralatan ini digunakan pada bidang gambar dengan media warna dalam keadaan kering. Praktik penggunaannya digoreskan langsung pada permukaan bidang gambar. Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut :

a). Pensil, merupakan alat tulis yang sangat penting untuk membuat sketsa gambar (objek). Untuk merancang sebuah gambar bentuk dapat digunakan pensil keras (hard), misalnya pensil HB. Coretan yang dihasilkan pensil HB tidak terlalu terang sehingga sangat cocok untuk merancang sket awal sebelum tahap penyempurnaan gambar (finishing). Tahap berikutnya menggunakan pensil lunak (2B, 3B, 4B, 5B, dan 6B). Pensil jenis B ini memiliki sifat lunak dan hasilnya lebih pekat sehingga cocok untuk teknik blok, arsir, atau dussel.Selain pensil seperti diatas,  ada juga pensil warna,  yang mempunyai beberapa warna.

b). Krayon, memiliki sifat padat dan lunak sehingga cocok untuk membuat gambar blok dan gradasi (kesan semburan warna).

c). Spidol, terdiri atas beragam pilihan warna. Sesuai untuk menggambar dengan teknik arsir atau blok.

d). Konte, merupakan sejenis pensil dari bahan lunak berwarna hitam pekat, sering untuk membuat gambar gradasi atau benda-benda bertekstur halus.

e). Drawing pen, alat menggambar yang sering digunakan untuk teknik arsir dan blok.

2. Media basah

Peralatan ini digunakan pada bidang gambar dengan media warna dalam keadaan basah. Bahan warnanya tersimpan dalam bentuk tube, botol, atau kaleng. Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut :

a). Cat air, dapat digunakan menggambar dengan campuran air

b). Cat poster (cat plakat), memiliki kemiripan dengan cat air, tetapi lebih padat dan lebih pekat sehingga sangat cocok untuk teknik blok.

c). Tinta bak, biasa juga dinamakan tinta Cina, terbuat dari bahan cair pekat. Sangat cocok untuk menggambar teknik blok atau siluet.

d). Ecolin, terbuat dari bahan cair dengan berbagai warna. Sangat cocok untuk teknik blok, arsir, atau gradasi warna.

 

 

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet