Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB
Bimbel Gambar Online FSRD ITB  Informasi Sistem Ujian Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB kampus terbaik fsrd di Indonesia

Informasi Sistem Ujian Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

12 Jun 20 11:53:18

Kampus seni (non perfomance arts) dan desain dari Indonesia yang masuk dalam ranking universitas dunia versi QS World University Rangkings hanya FSRD ITB. Berada dalam peringkat 51-100 dunia dan peringkat 8 di Asia bersama 9 kampus Asia lainnya. Karena prestasi, pengalaman dan lulusan FSRD ITB yang keren-keren menjadikan kampus ini favorit bagi lulusan SMA. Tentunya butuh  mempersiapkan diri lebih awal bila ingin masuk ke sana.

Ada 5 program khusus sarjana, 3 program studi khusus magister, dan satu program doktoral. Beberapa program yang ada meliputi Seni Rupa (S1 & S2), Kriya (S1), Desain Komunikasi Visual (S1), Desain Interior (S1), Desain Produk (S1), Desain (S2), serta program doktor Ilmu Seni dan Desain. Berbeda dengan kampus lainnya, di FSRD ITB, pemilihan program studi baru bisa dilakukan di semester 3 atau tahun ke-2. Di semester 1 dan 2, mahasiswa akan mendapatkan kuliah umum di bidang seni rupa dan desain.

Saat ini untuk masuk FSRD ITB ada 3 jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Untuk jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), seleksi dilakukan melalui penjaringan akademik berdasarkan nilai rapor dan portofolio. Untuk SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), seleksi berdasarkan nilai UTBK Soshum dan portofolio. Sedangkan seleksi mandiri, seleksi berdasarkan nilai rapor, UTBK dan Ujian keterampilan gambar. Untuk portofolio Seni rupa, diberikan waktu pengerjaan selama 10-14 hari. Portofolio SNMPTN dan SBMPTN yang diminta oleh panitia, biasanya ada 3 karya, yaitu gambar naratif, gambar stillife (komposisi benda) dan karya bebas/karya pilihan. Sedangkan untuk seleksi mandiri, siswa diminta mengerjakan soal gambar selama 90-120 menit di kampus ITB.

ITB memiliki kriteria khusus dalam proses seleksi untuk calon mahasiswa FSRD terkait potensi kreatif dan kemampuan merespon stimulus secara spontan melalui ujian keterampilan. Meski memiliki syarat yang lebih ketat, ITB memberikan kuota yang lebih besar untuk FSRD dibandingkan fakultas lainnya. Tahun 2019, untuk FSRD ITB menyediakan kuota 30 persen untuk SNMPTN, 40 persen SBMPTN dan 30 persen seleksi mandiri.

Untuk mempersiapkan masuk ke FSRD ITB, tidak hanya dibutuhkan kemampuan teknis gambar, kemampuan menjawab soal/tema, tapi juga harus memiliki ide menarik dan wawasan luas. Ini penting untuk dimiliki oleh siswa yang ingin meneruskan kuliah di FSRD.

Latihan yang rutin dan selalu mencoba berbagai media gambar sangat membantu untuk kelancaran dalam proses pembuatan portofolio dan seleksi mandiri masuk FSRD ITB.

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet