Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar online seni rupa desain
Bimbel Gambar online seni rupa desain
Bimbel Gambar online seni rupa desain Pengenalan Sistem Ujian Masuk ITB Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah - Pengenalan Sistem Ujian Masuk ITB

Pengenalan Sistem Ujian Masuk ITB

03 Mar 21 15:12:31

Pengenalan Sistem Ujian Masuk Fsrd ITB

Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu Kampus Seni dan Desain terbaik di Asia, sebelum berganti nama menjadi ITB nama dari kampus ini adalah Technische Hoogeshool te Bandoeng (Sering disingkat menjadi TH te Bandoeng, TH Bandung atau THS) yang dulunya merupakan sekolah tinggi pertama Hindia Belanda.

Terletak di kota Bandung tepatnya di Jl. Ganesha No. 10, lb. siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. ITB adalah kampus yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru, bagaimana tidak? Kampus yang terkenal dengan fakultas seni rupa dan desain (FSRD) menjadi salah satu kampus yang paling banyak diminati.

Program – program yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung(ITB) diselenggarakan untuk program Pendidikan jenjang, yakni:

1. Sarjana

2. Pascasarjana

3. Diploma

Pada saat ini, program Pendidikan  dari tiga  jenjang  tersebut tersebar pada beberapa fakultas/sekolah dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Bandung(ITB).

Fakultas/Sekolah dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Bandung(ITB) yaitu:

1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(FMIPA) terdiri dari Matematika(MA) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Fisika (FI) (S1,S2,S2 Pengajaran, dan S3), Kimia (KI) (S1,S2,S2 Pengajaran, dan S3), Astronomi (AS) (S1,S2,S2 Pengajaran, dan S3), Aktuaria (S2) Sains Komputasi(S2).

2. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) terdiri dari Teknologi Geologi (GL) (S1,S2, dan S3), Teknik Geodesi dan Geometika (GD) (S1,S2, dan S3), Meteorologi(ME) (S1) Oseanografi(OS) (S1), Teknik Air dan Tanah (S2) , Sains dan Kebumian(S2 dan S3).

3. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan(FTTM) terdiri dari Teknik pertambangan (TA) (S1,S2, dan S3), Teknik Perminyakan(TM) (S1,S2, dan S3) Teknik Geofisika(TG) (S1,S2 dan S3), Teknik Metalurgi(MG) (S1,S2, dan  S3), Teknik Geothermal(S2).

4. Fakultas Teknologi Industri(FTI) terdiri dari Teknik Kimia (TK) (S1,S2, dan S3),Teknik Fisika(TF) (S1,S2,S2 Instrumentasi dan Kontrol, dan S3),Teknik Industri(TI) (S1,S2, dan S3), Manajemen Rekayasa Industri(S1).

5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara(FTMD) terdiri dari Teknik Mesin(MS)(S1,S2, dan S3), Aeronotrika dan Astronotika(AE) (S1,S2, dan S3) Teknik Material(MT)(S1,S2, dan S3)

6. Fakultas Seni Rupa dan Desain(FSRD) terdiri dari Seni Rupa(SR) (S1) , Kriya (KR) (S1), Desain Komunikasi Visual (DKV) (S1),Desain Interior (DI) (S1), Desain Produk (DP)(S1), Program Magister Seni Rupa (S2), Program Magister Desain(S2) Program Doktoral Ilmu Seni Rupa dan Desain(S3).

7. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan(FTSL) terdiri dari Teknik Sipil (SI) (S1,S2 dan S3), Teknik Lingkungan(TL)(S1,S2, dan S3) Teknik Kelautan(KL) (S1,S2, dan S3).

8. Fakultas Teknik Elektro dan Informatika (STEI) terdiri dari Teknik Elektro (EL) (S1,S2, dan S3) Informatika (IF) (S1,S2, dan S3), Teknik Tenaga Listrik (EP) (S1,S2, dan S3), Teknik Telekomunikasi(ET) (S1,S2, dan S3), Sistem dan Teknologi Informasi(II) (S1,S2, dan S3).

9. Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan(SAPPK) terdiri dari Arsitektur (AR) (S1,S2, dan S3), Perencanaan Wilayah dan Kota(PL) (S1,S2,dan S3), Program Magister Studi Pembangunan(S2), Program Magister dan Doktor Transportasi(S2 dan S3), Program Magister Studi Pertahanan(S2), Program Magister Rancang Kota(S2), Program Magister Perencanaan Kepariwisataan(S2).

10. Sekolah Bisnis dan Manajemen(SBM) terdiri dari Manajemen(MB) (S1), Program Magister Sains Manajemen(S2), Program Magister Administrasi Bisnis(S2), Program Doktor Sains Manajemen(S3)

11. Sekolah Ilmu dan Hayati(SITH) terdiri dari Biologi (BI) (S1,S2, dan S3), Mikrobiologi(BM) (S1), Rekayasa Hayati(BE) (S1), Rekaya Pertanian (S1), Rekaya Kehutanan (S1), Biomanajemen (S2), Bioteknologi (S2)

12. Sekolah Farmasi(SF) terdiri dari Sains dan Teknologi Farmasi(FA), Farmasi Klinis dan Komunitas (FK) (S1), Program Studi Apoteker, Program Pasca sajana Farmasi(S2, dan S3).

Jalur Masuk Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB membuka tiga jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana. Ketiga jalur tersebut yakni, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

Kuota Jalur Penerimaan ITB

Direktur Pendidikan ITB Arief Hariyanto Mengatakan Bahwa pada tahun 2021 ITB akan banyak menerima mahasiswa baru sebanyak 4620, lebih banyak dari tahun sebelumnya dengan persentase kuota Penerimaan jalur SNMPTN 40 persen, dari jalur SBMPTN 30 persen, dan dari jalur Seleksi Mandiri 30 persen.

Lima fakultas dengan kapasitas penerimaan terbanyak yaitu Fakultas Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dengan Kapasitas 710, FMIPA dengan kapasitas 435, FTTS Kampus Ganesha dengan kapasitas 370, kemudian FTI Kampus Ganesha dengan kapasitas 360, dan FTL Kampus Ganesha dengan kapasitas sebanyak 350 kuota. Adapun untuk kuota masing – masing jalur seleksi tersebut yakni, untuk Fakultas atau Sekolah selain Fakultas Seni Rupa Desain (non-FSRD) Institut Teknologi Bandung Menerima lewat jalur SNMPTN (40%), SBMPTN (40%), SM (Seleksi Mandiri)-ITB(20%). Kemudian untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain(FSRD), Institut Teknologi Bandung Menerima jalur SNMPTN (30%), SBMPTN (40%), SM-ITB (30%).

Jalur Masuk SNMPTN ITB 2021

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi merupakan jalur yang diperuntukan bagi siswa/siswi yang berprestasi selama disekolah. Seleksi SNMPTN didasarkan pada rapor dan portofolio akademik.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa/siswi lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini untuk melanjutkan Pendidikan di perguruan tinggi jenjang diploma atau sarjana.

Persyaratan umum untuk jalur ini bisa diakses melalui laman resmi LTMPT. Namun, ITB memiliki beberapa persyaratan khusus untuk beberapa program studi yaitu:

1. Tidak boleh buta warna total maupun buta warna secara parsial untuk fakultas/sekolah/program studi: SITH, SF, FTTM, FSRD, Kimia- FMIPA, Teknik Geologi-FITB, dan Teknik Kimia-FTI.

2. Mengunggah portofolio bidang ilmu seni rupa di laman LTMPT untuk yang mendaftar fakultasSeni Rupa dan Desain(FSRD).

Seleksi SNMPTN dilakukan dengan jadwal sebagai berikut:

1. 4 Januari 2021: Peluncuran Sistem PMB 2021

2. 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021: Registrasi Akun LTMPT

3. 4 januari 2021 – 8 Februari 2021: Penetapan siswa yang eligible oleh sekolah

4. 11 Januari 2021 – 8 Februari 2021: Pengisian PDSS

5. 15 Februari 2021 – 24 Februari 2021: Pendaftaran SNMPTN

6. 22 Maret 2021: Pengumuman hasil SNMPTN

Jalur Masuk SBMPTN ITB  2021

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) ITB digadang – gadang paling banyak diminati dalam SBMPTN FSRD dari tahun ke tahun. Fakultas tersebut seolah menjadi magnet yang mengundang banyak peminat. Tapi, tidak sedikit juga yang kecewa dengan hasil persentasenya. Karena dari ratusan ribu siswa yang mendaftar, ternyata dalam satu Angkatan jumlah mahasiswa yang diterima dalam satu angkatannya tidak lebih dari 260 mahasiswa total FSRD. Mekanisme Ujian SBMPTN terdiri atas kelompok ujian SAINTEK, kelompok ujian SHOSUM, dan kelompok ujian CAMPURAN (mengikuti ujian – ujian SAINTEK dan SHOSUM ). FSRD ITB ada dalam jalur ujian SHOSUM. Itu sebabnya jika siswa IPA yang ingin masuk FSRD ITB. Maka dia harus mengambil kelompok Ujian SOSHUM atau Campuran.

Kelompok Ujian Shosum yakni  berupa, (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) sedangkan, Kelompok Ujian Campuran yakni dengan kata lain harus menguasai bidang Saintek dan Shosum.

Yang di ujikan dalam Ujian SBMPTN FSRD ITB yakni, terdiri dari:

1. Ujian Gambar (Gambar Suasana atau Still Life).

2. Ujian Psikotes FSRD.

3. Ujian Teori SBMPTN Shosum.

Kunci Utama Menembus FSRD ITB

Untuk tembus Fsrd ITB tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tapi tidak mudah juga seperti yang dipikirkan. Artinya kemampuanlah yang memetakan soal dan kreatifitas, lebih dominan ditinjau dalam penilaian utama, ketimbang kesempurnan nilai SBMPTN.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/MA/SMK sederajat yang merupakan lulusan 3(Tiga) tahun terakhir. Bagi siswa/siswi lulusan SMA/MA/SMK yang mungkintidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNMPTN, maka dapat mengikuti jalur SBMPTN.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi(LTMPT) mempublikasikan syarat bagi siapa pun yang ingin mengikuti UTBK dan bisa dilihat di laman resmi LTMPT. Sedangkan ITB sendiri menambahkan persyaratn lain, yakni:

1. Memenuhi ketentuan pelaksanaan SBMPTN 2021 sesuai informasi dari LTMPT.

2. Tidak boleh buta warna total maupun buta warna secara parsial untuk fakultas/sekolah/program studi: SITH, SF, FTTM, FSRD, Kimia- FMIPA, Teknik Geologi-FITB, dan Teknik Kimia-FTI.

3. Mengunggah portofolio bidang ilmu seni rupa di laman LTMPT untuk yang mendaftar fakultasSeni Rupa dan Desain(FSRD).

Seleksi SBMPTN dilakukan dengan jadwal sebagai berikut:

1. 7 Februari 2021 – 5 Maret 2021: Registrasi Akun LTMPT.

2. 15 Maret 2021 – 1 April 2021: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN.

3. 12 April 2021 – 18 April 2021: Pelaksanaan UTBK Gelombang 1

4. 26 April 2021 – 2 Mei 2021: Pelaksanaan UTBK Gelombang 2

5. 14 Juni 2021: Pengumuman Seleksi Hasil SBMPTN 2021

Jalur Masuk Seleksi Mandiri ITB

Selain melalui seleksi nasional, ITB  membuka kesempatan seleksi melalui Seleksi Mandiri ITB atau SM-ITB. Kuota yang disediakan yaitu sebanyak 30% dari total siswa yang diterima. Penilaian sendiri dilakukan dengan menggabungkan hasil UTBK, nilai rapor, Kriteria/ujian lainnya, dan bagi pendaftar FSRD ada tambahan tes kemampuan Seni Rupa.

Syarat Peserta yang harus dipenuhi untuk mendaftar di jalur SM-ITB yaitu:

1. Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS dengan tahun ijazah 2019,2020, dan 2021

2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional(NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

3. Memiliki dan mengunggah nilai rapor lengkap dari semester 1-6

4. Memiliki Nilai UTBK SBMPTN 2021

5. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program kelas internasional tahun 2021

6. Khusus untuk pendaftar FSRD, mengikuti tes kemampuan Seni Rupa yang dilaksanakan secara daring (online)

7. Tidak buta warna total maupun parsial untuk pendaftar program Sains-SITH, Program Rekayasa-SITH, SF, STTM, FSRD, Kimia-FMIPA, Teknik Geologi-FITB, dan Kimia-FTI

8. Menyelesaikan pendaftaran calon peserta di laman https://admission.itb.ac.id

Seleksi Mandiri ITB dilakukan dengan jadwal sebagai berikut:

1. 31 Mei 2021 – 13 Juli 2021: Pendaftaran SM-ITB

2. 15 Juli 2021: Ujian Keterampilan Seni Rupa

3. 28 Agustus 2021: Pengumuman hasil SM-IT

 

Sumber:

1. itb.ac.id

2. id.wikipedia.org

3. pendaftaranmahasiswabaru.web.id

4. news.detik.com

5. indonesiacollege.co.id

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet
bimbel gambar persiapan ujian fsrd itb