Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar online seni rupa desain
Bimbel Gambar online seni rupa desain
Bimbel Gambar online seni rupa desain 10 Mahakarya Lukisan Terkenal di Dunia Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah - 10 Mahakarya Lukisan Terkenal di Dunia

10 Mahakarya Lukisan Terkenal di Dunia

19 Feb 21 08:48:21

Inilah 10 Lukisan Terkenal Dunia

Seni lukisan merupakan seni  yang dihasilkan seorang pelukis untuk menggambarkan sesuatu di balik kuas dan kanvas. Tidak semua orang dilahirkan memiliki bakat melukis, dan tidak semua orang juga memiliki bakat melukis yang hebat dan mahir. Dibutuhkan suatu imajinasi yang luar biasa untuk menghasilkan lukisan yang sangat bagus, yang mampu diapresiasi oleh para pecinta seni.

Sehingga begitu banyaknya lukisan yang dihasilkan di seluruh dunia. Membuat lukisan terkenal menginspirasi budaya dan sejarah. Para seniman pelukis terkenal dunia yakni seperti,  Vincent Van Gogh, Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, Salvador Dali, Edward Munch dan Claude Monet. Para seniman lukis tersebut yang telah memikat  orang – orang selama berabad – abad. Berikut adalah 10 lukisan yang dilukis oleh pelukis terbaik dan terkenal di masanya yang hingga sekarang masih tetap populer sepanjang sejarah.

1. Mona Lisa - Leonardo Da Vinci

Mona Lisa adalah lukisan minyak diatas kayu poplar karya dari Leonardo Da Vinci pada abad ke-16 Lukisan ini sering dianggap salah satu lukisan paling terkenal di dunia. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah perancis, lukisan Mona Lisa Merupakan suatu lukisan memiliki banyak misteri dan lukisan yang paling banyak di cari Ketika berkunjung di Museum Musee du louvre di Paris. Leonardo Da Vinci Membuat lukisan Mona Lisa pada tahun 1503. Lukisan Mona Lisa digambarkan oleh Da Vinci sebagai sosok gabungan dari pria dan wanita dengan tatapan dan senyuman yang misterius.

2. The Starry Night - Vincent Van Gogh

The Starry Night adalah sebuah lukisan karya Vincent Van Gogh dibuat pada tahun 1889. Lukisan itu dibuat saat Van Gogh Menjalani Perawatan di Rumah Sakit Jiwa Saint-Paul-de-Mausole, setelah ia memotong telinga kirinya. Lukisan ini menggambarkan pemandangan dari arah timur jendela kamar dirumah sakit jiwa. Ia menggambarkan suasana langit sebelum matahari terbit dan sebuah desa impian. Kini lukisan tersebut dipajang di Museum of Modern Art di New York City,Amerika Serikat.

Baca Juga:Mahakarya Agung Para Seniman Dunia

3. The Presistence Of Memory – Salvador Dali

The Presistence Of Memory atau dalam Bahasa spanyol (La persistencia de la memoria) adalah lukisan karya Salvador Dali yang dibuat pada tahun 1931 dan salah satu karya surealisme yang paling dikenal. Lukisan ini pertama kali ditampilkan di Julien Levy Gallery pada tahun 1932, sejak 1934  lukisan tersebut menjadi  koleksi di Museum Of Modern Art (MoMA) di New York City, Amerika Serikat dan sampai sekarang lukisan tersebut paling populer di Kalangan anak seni. Lukisan tersebut menggambarkan jam saku yang meleleh lembut. Ini melambangkan teori Dali tentang “Kelembutan” dan “Kekerasan” yang merupakan inti pemikirannya pada saat itu. Ini dikenal luas dan sering dirujuk dalam budaya populer, dan kadang - kadang disebut dengan judul yang lebih deskriptif seperti “Melting Clocks”, “The Soft Watches” atau, “The Melting Watches”.

4. The Scream – Edward Munch

The Scream adalah lukisan ekspresionis yang dibuat oleh seniman asal Norwegia yakni Edward Munch, Lukisan tersebut menjadi inspirasi bagi banyak pelukis lainnya dalam aliran ini. Lukisan yang dibuat pada tahun 1893 oleh Munch dianggap oleh banyak orang sebagai karyanya yang paling penting. Lukisan ini berada di National Museum of Art, Architecture And Design, Oslo di Norwegia. Lukisan ini mnggambarkan manusia modern yang tercekam oleh serangan Angst yakni ( Kecemasan eksistensial dengan cakrawala yang diilhami oleh senja yang merah, yang dilihat setelah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Lansekap dibelakang adalah Oslofjord yang dilihat dari bukit Ekeberg. Kata Skrik dalam Bahasa Norwegia biasanya diterjemahkan menjadi “Scream” (jeritan), namun kata ini juga mempunyai akar kata yang sama dengan kata Bahasa Inggris Shriek. Kadang – kadang lukisan ini disebut juga The Cry (“Tangisan”).

5. The Weeping Woman - Pablo Picasso

The Weeping Woman atau dalam Bahasa Perancis (Femme an Pleurs) adalah lukisan yang dibuat oleh Pablo Picasso di rumahnya di Prancis pada tanggal 26 Oktober  tahun 1937. Lukisan tersebut menggambarkan Dora Maar, kekasih dan inspirasi Picasso. The Weeping Woman diciptakan di akhir serangkaian lukisan yang di produksi  Picasso sebagai tanggapan atas Pemboman Guernica dan Perang Saudara Spanyol. Lukisan ini adalah seri yang paling rumit dan telah disimpan dalam koleksi Tate Modern di London Sejak 1987.

6.Saint-Georges Majeur au Crepuscule - Claude Monet

Saint-Georges Majeur au Crepuscule atau San Giorgio Maggiore at Dusk adalah lukisan yang dibuat oleh Claude Monet  pada tahun 1912. Mengacu pada lukisan impressions yang ada di lebih satu versi . ini merupakan bagian dari serangkaian pemandangan pulau biara San Giorgio Maggiore. Lukisan ini menggambarkan pulau biara San Giorgio Maggiore di waktu senja dan gambar biara di laut menjadi kesan yang indah. Kini lukisan ini berada di Museum National Cardiff, Wales.

7. Girl With A Pearl Earring – Johannes Vermeer

Girl With A Pearl Earring atau dalam Bahasa belanda (Het Meisje met de Parel) adalah salah satu lukisan karya Johannes Vermeer pada abad ke-17 tepatnya tahun 1665. Lukisan yang sering disebut sebagai  Mona Lisa nya Belanda. Lukisan ini menggambarkan seorang gadis cantik yang mengenakan anting Mutiara. Sekarang lukisan ini disimpan di Gallery Mauritshuis, Den Haag, Belanda.

8. American Gothic - Grant Wood

American Gothic adalah lukisan yang dibuat oleh pelukis asal Amerika Serikat bernama Grant Wood. Lukisan American Gothic dibuat pada tahun 1930 dan pertama kali dipamerkan di Art Institute of Chicago atau Institut Seni Chicago. Grant wood menemukan inspirasi untuk menggambar American Gothic di kota Eldon. Lukisan ini menggambarkan seorang petani dan anak perempuannya serta Rumah kayu kecil yang memiliki jendela yang besar rumah ini disebut dengan Capenter Gothic. Lukisan yang melambangkan kebudayaan midwestern lukisan ini juga menyampaikan nilai – nilai pedesaan Amerika Serikat. Lukisan ini terpajang di Royal Academy of Art.

Baca Juga:10 Lukisan Paling Terkenal Sampai Sekarang

9. Liberty Leading The People - Eugene Delacroix

Liberty Leading the People atau dalam Bahasa Prancis (La Liberte guidant le peuple) adalah lukisan karya Eugene Delacroix dibuat pada tahun 1830. Menggambarkan sebuah lukisan yang memperingati  revoluis juli 1830, yang menggulingkan Raja Charles X dari Prancis.seorang wanita dari orang - orang dengan topi Frigia mempersonifikasikan konsep dari liberty memimpin sekelompok bervariasi dari orang ke depan lebih barikade dan tubuh yang jatuh, memegang bendera Prancis. Dengan seorang mengancungkan senjata bayonet dengan yang lain. Sosok liberty juga dipandang sebagai simbol Prancis dan dikenal sebagai Republik Prancis Marianne. Kini lukisan tersebut disimpan di Museum Louvre, Prancis.

10. Luncheon of the Boating Party – Pierre Auguste Renoir

Luncheon of the Boating Party adalah lukisan Impresionis Prancis dibuat pada tahun 1881 karya Pierre August Renoir, termasuk dalam pameran impresionis ke tujuh pada tahun 1882, lukisan ini diidentifikasikan sebagai lukisan terbaik dalam pertunjukkan tiga orang kritikus. Lukisan yang menggabungkan figur, still-life, dan landscape dalam satu karya. Menggambarkan sekelompok teman Renoir yang sedang bersantai di balkon restoran Maison Fournaise di sepanjang sungai sienne di Chatou, Prancis.

Sumber:

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet
bimbel gambar persiapan ujian fsrd itb