Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Bimbel Gambar online seni rupa desain
Bimbel Gambar online seni rupa desain
Bimbel Gambar online seni rupa desain TIPS MENGGAMBAR PERSPEKTIF Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah - TIPS MENGGAMBAR PERSPEKTIF

TIPS MENGGAMBAR PERSPEKTIF

22 Jan 21 09:48:18

Apa Itu Gambar Perspektif

Pengertian Gambar Perspektif

Gambar perspektif adalah cara menggambar suatu objek riil atau imajiner yang menitikberatkan pada penglihatan mata atau menurut pandangan mata seorang penggambar. Gambar perspektif merupakan penggabungan dari seni dan ilmu untuk menggambar suatu objek di atas sebuah bidang datar sehingga hasil gambar Nampak seperti pandangan mata dari suatu jarak dan posisi tertentu. Jadi gambar perspektif dapat ditarik kesimpulan – kesimpulan sebagai berikut:

1. Segala sesuatu yang tampak atau terlihat pada pandangan mata kita, apabila kedudukan semakin jauh akan tampak semakin kecil dari ukuran sebenarnya bgitu juga dengan warnanya akan semakin pudar dan lemah.

2. Jika benda yang kita lihat semakin jauh, tak terhingga, maka benda akan tampak semakin kecil dan akhirnya akan tampak menjadi satu titik (titik lenyap).

3. Pada suatu kedudukan pandangan mata seseorang, semua benda yang sangat jauh dari mata akan tampak seperti titik – titik yang berderet dan terletak dalam sebuah garis lurus yang mendatar setinggi kita, yang dalam perspektif dinamakan garis horizon.

Tipe Perspektif

Gambar Perspektif Sejajar (Aereal Perspektif)

Tipe gambar sejajar atau dapat kita sebut juga dengan perspektif sebutan, perspektif ini adalah cara menggambar berdasarkan garis dan warna. Misalnya seperti pada saat kita melihat benda yang dekat dengan mata kita.

Maka garis-garis batas akan terlihat dan terlihat, terhadap benda yang jauh tersebut akan terlihat mengerucut serta pada satu titik tidak akan terlihat lagi dan menghilang. Begitu juga dengan warna terhadap objek yang kita lihat, semakin jauh akan semakin memudar.

Gambar Perspektif Sudut (Linear Perspektif)

Linear perspektif adalah cara menggambar perspektif yang menggunakan titik lenyap dalam garis memusat pada satu titik yang terlihat, sebagai acuan sebagai pola tumpuan untuk pembuatannya.

Keterbatasan pada jarak pandang manusia, akan menimbulkan sebuah titik hilang pada sebuah objek pandangan yang horizontal. Sebagai contoh Ketika kita berada di sebuah pantai, pada saat memandang laut lepas melihat pertemuan langit dengan laut. Disitulah letak keterbatasan pandangan mata manusia, maka dari itu dibuat dengan alat bantu berupa teleskop, teropong bintang atau binokuler. Sehingga timbulah pemikiran manusia dalam menggambarkan sebuah alam atau benda, maka lahirlah gambar perspektif.

Jenis Perspektif

Secara umum, perspektif ada 3 jenis yakni:

1. Perspektif Mata Burung

Perspektif mata burung adalah sebutan untuk cara pandang dari jauh dan melihat banyak aspek. Bagaikan burung yang mampu mengamati daratan Ketika ia terbang.

2. Perspektif Mata Manusia

Berbeda halnya dengan jenis perspektif yang pertama, perspektif ini menggunakan cara pandang dengan melihat sejajar objek yang dituju sehingga dengan cara tersebut dapat mempermudah menggambarkan sebuah keadaan yang sebenarnya.

3. Perspektif Mata Cacing

Cara pandang ini dapat dilakukan dengan melihat objek dari bawah, sehingga dengan cara tersebut tersebut dapat menghasilkan sudut pandang yang berkesan dramatis.

Teknik-Teknik Gambar Perspektif

1. Gambar Perspektif 1 titik hilang

Gambar perspektif satu titik hilang berarti gambar perspektif yang terjadi saat sebuah objek dilihat dengan pusat garis pandangan tegak lurus terhadap salah satu permukaannya. Sistem perspektif ini digunakan untuk menggambar obyek (benda) yang terletak relative dekat dengan mata. Karena letak obyek yang cukup dekat akibatnya mata memiliki sudut padang yang sempit, sehingga garis-garis batas benda akan menuju satu titik lenyap saja, kecuali bila sejajar dengan horizon dan tegak lurus terhadapnya. Gambar yang sering demikian sering disebut parallel perspective sebab banyak menggunakan garis-garis yang sejajar horizon dan vertikal. Penerapan gambar ini banyak digunakan pada gambar rancang bangun (desain) interior.

gambar perspektif

2. Gambar Perspektif 2 titik hilang

Perspektif dua titik hilang menggambarkan objek dengan menggunakan dua titik hilang yang terletak berjauhan di sebelah kanan dan kiri pada garis cakrawala.

Perspektif dua titik hilang digunakan untuk menggambar perspektif obyek yang memiliki kelompok garis horizontal yang tidak sejajar dengan bidang gambar, atau dengan kata lain kelompok garis horizontal selalu membentuk sudut dengan bidang gambar. Dalam gambar arsitektur perspektif dua titik hilang biasanya dipergunakan untuk menggambarkan ruang luar (eksterior) suatu bangunan. Gambar perspektif dua titik hilang merupakan gambar perspektif yang paling mudah dan banyak digunakan. Hal ini dikarenakan hasilnya cenderung tidak statis dan tidak simetris sehingga lebih wajar dilihat. Dapat digunakan untuk situasi apapun baik interior maupun eksterior bangunan.

gambar perspektif

3. Gambar Perspektif 3 titik hilang

Gambar perspektif tiga titik hilang pada dasarnya menggunakan mata tingkat rendah. Teknik ini merupakan bentuk yang paling kompleks gambar perspektif. Tiga perspektif titik menggunakan tiga set garis orthogonal dan tiga titik hilang untuk menarik objek. Teknik ini paling sering digunakan Ketika menggambar bangunan dilihat dari mata-rendah atau tinggi. Tingkat mata rendah dalam ilustrasi kita di atas menciptakan ilusi bahwa bentuk kotak adalah menjulang diatas kami. Secara alami memberi skala dari bangunan tinggi. Dalam satu dan dua perspektif titik gambar pesawat tetap pada sudut kanan ke tanah pesawat.

 

Kegunaan Gambar Perspektif

1. Untuk mewakili sudut pandang manusia, sudut pandang sebuah objek yang tidak  bisa dicapai, oleh mata manusia secara langsung dari ketinggian.

2. Untuk memberikan gambaran tentang objek nyata yang terlihat, sesuai dengan apa yang terlihat oleh mata manusia.

3. Untuk mendefinisikan sebagai Batasan penglihatan mata manusia seperti apa yang sudah sebelumnya.

©2020 Bimbel gambar Seni Rupa Desain dan Arsitektur - Villa Merah All right reserved   Developed by javwebnet
bimbel gambar persiapan ujian fsrd itb